/* Edited By : danisadiano.blogspot.com januari 2011 */ /* For support and information :silahkan di kotak comentar */ // komponen komponen dalam komputer
WELCOME TO SOBAT_BLOG
-
>

komponen komponen dalam komputer

Posted by giveaway Sabtu, 08 September 2012 0 komentar

komponen komponen dalam komputer

Komponen terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
1) Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
a) Keyboard
Fungsi : memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b) Mouse
Fungsi : untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.

c) Scanner
Fungsi : untuk mengkopi atau menyalin gambar/teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer.
d) Touch Pad
Fungsi : sebagai pengganti mouse pada laptop dan notebook. Terdapat model input device yang sejenis, yaitu pointing stick dan trackball.
e) Microphone
Fungsi : untuk merekam suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk berbicara pada orang yang kita inginkan pada saat chatting.
2) Unit Pemrosesan (Process Device)
Otak sebuah computer berada pada unit pemrosesan (process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit). Di dalam CPU terdapat peralatan proses (process device). Peralatan proses adalah unit yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data.
a) Processor
Processor merupakan otak dari sebuah computer yang berfungsi sebagai pengolah data dan biasa disebut CPU. Prosesor membaca instruksi dari memori tentang apa yang harus dilakukan dan mengeksekusinya.Processor
b) Cache memori
Cache memori adalah memori yang dapat meningkatkan kecepatan computer dan dikatakan sebagai memori perantara.
c) ROM (Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM merupakan salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile).
d) RAM (Random Access Memory)
Merupakan jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya jika terjadi listrik padam maka data yang berada dalam RAM akan hilang.
3) Unit Keluaran (Output Device)
a) Monitor
Fungsi : memberikan informasi kepada pengguna komputer. 
b) Printer
Fungsi : menghasilkan informasi berupa tulisan atau gambar yang tercetak dalam kertas.
c) Plotter
Fungsi : untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d) Speaker
Fungsi : memberikan informasi dalam bentuk suara.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: komponen komponen dalam komputer
Ditulis oleh giveaway
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://danisadiano.blogspot.com/2012/09/komponen-komponen-dalam-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of SOBAT_BLOG. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.
fixedbanner